Friday, 21 May 2010

Tragedi Angkot

Apa? Apa? Tragedi?

Ah apa sih gue -_-
Ini sebenernya bukan tragedi-tragedi banget sih. Ah tapi tragedi banget buat gue. Jadi begini..
Hari ini gue pulang sekolah kayak biasa…eh ga kayak biasa deh, biasanya gue kalo Jumat rokris dulu kan, tapi ini karena faktor kemalasan akhirnya gue langsung pulang. Gue minta kakak gue jemput di sekolah. Nah udah kan tuh, nyampe rumah gue langsung tidur, trus bangun jam 3. Abis bangun tidur, gue makan sore. Abis makan, gue beres-beres, mau les prigam kan. Ya udah tuh, gue udah beres, langsung pasang muka memelas ke nyokap gue buat minta dianterin les. Eh nyokap gue sibuk. Dia nanyain David yg besok mau UAS bio. Ah hebring lah nyokap gue kalo David ulangan-ulangan gitu. Yang ulangan siapaaaa, yang stress siapa.

Nah ya udah akhirnya gue minta kakak gue anterin, tapi nyokap gue yang malah ga bolehin kakak gue nganter gue. Hadeeh. Alesannya gara-gara, kakak gue belum terlalu ngerti jalan ke prigam. Yailaaah, tinggal ngesot dari swable. Yaudin, gue akhirnya mencoba pilihan terakhir, yaitu menelpon ojek langganan gue. Intinya gue naik ojek. Daaan, semua berjalan lancar selama gue duduk di atas motor. Tapi saat turun, gue mulai mikir, ini gue diturunin di depan TJ… Lah trus gue gimana cara ke prigam?? Jeng jereng jeng jengnyebrang.

Gue udah memantapkan hati kan buat nyebrang jalan, Semenit, dua menit, dan menit ke tiga gue baru bisa nyebrangin satu ruas jalan. Pokoknya untuk menyebrang jalan sepanjang 10 meteran aje kayaknya 5 menit deh. Ah udah lah, intinya gue emang paling takut mati muda keserempet bajaj.
Akhirnya gue sampai di prigam dengan selamat sentausa. Tapi, alis gue langsung mengkeret pas liat parkiran kok pada kosooong. Ya udah gue tetep masuk aja. Ternyata disana emang sepi. Yang ada cuma anak-anak satu kelas gue. Dan apa yang sedang mereka lakukaaaannnn??? Mengerjakan setumpuk soal TO. Gue terpaku di depan meja lobby sambil manggut-manggut. Yak pengorbanan gue nyebrang jalan, dibalas dengan 120an soal Mat, Fisika, Kimia, B.Inggris sekaligus. Gue ga ada persiapan, ga ada ancang-ancang ngapalin satu rumus apapun. Ebuset. Apalah dosa hambaaaa…

Ya ya udah, semua soal gue kerjakan dengan kemampuan otak gue yang minim lah. Yang bisa gue isi full cuma Bahasa Inggris. Selebihnya, wassallam.
Udah tuh, gue udah selesai berspekulasi, gue pulang. Ah gila kan gue mesti nyebrang lagi buat naik angkot. Yah ya udah nyebrang lah gue. Entah berapa kali gue jalan maju mundur gara-gara takut nyebrang. Ah silakan anda tertawakan saya sekarang. Umur boleh udah uzur, tapi nyebrang jalan bikin gue persis kayak bocah baru belajar jalan.

Nah akhirnya mulai lah segala nestapa menerpa hidup gue yang sudah cukup berdilema ini. Gue nyetop angkot. Masuk ke dalem tanpa prasangka buruk apapun. Selain gue, ada dua mbak-mbak dan 1 tukang angkot, sama 1 bapak-bapak duduk bareng supir. Bukan pangku-pangkuan, itu maksudnya duduknya di depan gitu. 

Di jalan, gue cuma celingukan ngeliatin jalan. Tiba-tiba ujung lirikan mata gue menatap kejanggalan di bawah kursi heemm sebut saja Mbak 1. Ada sebuah gerakan cepat melintas. Item-item, kecil, bersungut, dan bersayap. Percayalah itu bukan roh gaib. Itu kecoak. Yak kecoak. Makhuk kecil nan mengganggu, useless dan berbau busuk yang pernah eksis di dunia ini. Ekspresi saya : menggenggam hp erat-erat, duduk ngegeser ke pojokan, muka horror, tapi sok stay cool. 

Mbak 1 : “Kenapa mbak?”
Gue       : “Ada kecoak tuh.” (sok cuek)
Mbak 1 : “Oh.”
Gue       : “Iya. Oh.” (ngangguk-ngangguk)
Mbak 1 : “Takut sama kecoak mbak?”
Gue       : “EENGGAAAK.” (geleng-geleng)
Mbak 1 : “Kok kakinya naik-naik ke kursi?”
Gue       : “……….” (hening, hanya lagu dangdut yang mengalun lembut dari radio angkot.

Sepanjang jalan, gue gak lagi celingukan ke jalanan. Gue mengawasi tiap jengkal pergerakan kecoak maksiat itu di bawah kursi. Tiap kali kecoak gahul itu ga keliatan di mata gue, gue selalu ngerasa geli-geli di paha. Berasa digerayangin kecoaknye gitu. Padahal kaga. 

Gue berdoa-doa dalem ati, biar ini angkot ngebut aje biar cepet nyampe di pertigaan binus. Tapi apa daya, macat melanda Jakarta setiap harinya. Gue udah ancang-ancang mau loncat turun aje tuh pas lampu merah, tapi gue baru nyadar, dompet gue ketinggalan di rumah. Jadi gue cuma bawa 4 ribu rupiah saja. Sangat pas untuk ongkos gue dua kali naik angkot. Kalo gue pindah angkot, gue cuma bisa sampe binus doang. Nah ke rumah gue pake ape? Kekuatan doa? Doa bundo? Bundo padang? Padang nasi? Nasi pulen? Beras ajojing? Ah tidak!

Ya udah lah, gue nunggu aje ampe angkot itu nyampe tujuan. Dengan kaki tetap naik ke atas kursi, pasang tampang sok lagi kecapean, biar ada alesan kalo ditanya, lagi pegel gitu, jadi selonjoran kaki aja. Biar darah dalam kakinya ngalir lancar. Sepik lahhh. 

Akhirnya gue nyampe di pertigaan binus deket empo. Tepuk tangaaaan!! Trus gue langsung naik angkot lagi. Masuk juga tanpa prasangka buruk, setelah gue duduk. Gue baru sadar, manusia yang duduk di depan gue persis adalah laki-laki brewokan, gondrong, badan sterek, tapi pake sepatu pantofel. (ini beneran ada looo..) Tapi ya udah lah, gue sok cuek aja. Toh yang di dalem bukan gue berdua doang. Masi ada orang lain dengan muka yang lebih bersahabat. Akhirnya angkot jalan, Si supir langsung nyetel lagu. Gue ude mau tutup kuping aje. Pasti dangdut lagi dah! Heeet…ternyata saya salah persepsi. Dia menyetel lagu R n B yang super duper ajojing. Gue menghela nafas lega. Tapi penderitaan tetap mendera gue. Si brewok depan gue noh, ngeliatin gue dengan tampang yang sangat nggak asik. Mungkin gara-gara gue ngeliatin ke bawah kursi mulu kali yee. Yah dia ga tau sih gue masi trauma ama kecoak maksiat di angkot sebelomnya. Ya udah gue cuekin. Trus angkot mulai jalan dengan lancar. Dan ternyata sepanjang jalan kenangan, dia turun di tempat gue turun juga. Aduh buset ya, itu gue bener-bener mau nangis darah. Tapi pas gue masuk komplek rumah gue, ternyata dia belok ke arah pasar. Ya Tuhan terimakasih ya, udah jagain gue selama perjalanan. 

Selama di jalan mau ke rumah, gue flashback lagi ke petualangan gue di rimba Jakarta yang kejam, yang baru gue lewatin tadi. Idih, itu tuh kayak gue dikasi pencobaan bertubi-tubi ya. Parah banget. Tapi untungnya gue nyampe di rumah dengan selamat. Munyuuuuu!